cover
Contact Name
Fajri Basam
Contact Email
fajribasam@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpd@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar
ISSN : 26151723     EISSN : 26151766     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1: April 2020" : 14 Documents clear
IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN MASYARAKAT PADA SEKOLAH DASAR Muhammad Fauzan Muttaqin; Slamet Hariyadi
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.196 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3302

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji secara spesifik tentang implementasi penguatan pendidikan karakter(PPK) berbasis masyarakat pada SD di Kota Semarang. Penelitian yang digunakan metode deskriptifpendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan metode checklist, observasi, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Analisis datadilakukan dengan model analisis interaktif. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasiteknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemntasi PPK berbasis masyarakat melaluipemanfaatan sumber pembelajaran yang terdapat pada lingkungan sekitar dengan bekerjasama ataukolaborasi dengan masyarakat melalui kegiatan pembelajaran berbasis cagar budaya, musium, dan sanggarseni seperti Kota Lama Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah, taman budaya Raden Saleh, LawangSewu, dan musium Ronggowasito, kerjasama dengan seniman dan budayawan sekitar dalam latihanekstrakulikuler seni tari dan lukis; kelas inspirasi dengan mendatangkan narasumber tokoh profesionalseperti dokter, tentara, polisi untuk mengisi kegiatan pembelajaran dalam ruang kelas dan di luar ruangkelas; gerakan literasi berkolaborasi dengan, PERPUSDA, percetakan, toko buku; kerjasama dengan PTNdan PTS meliputi riset pembelajaran, pengembangan inovasi pembelajaran, evaluasi menejemen sekolah;kerjasama sekolah dan komunitas keagamaan berupa rebana dan BTQ.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK Tyaswati NA
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.312 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3225

Abstract

Berdasarkan hasil pada pra siklus pada pembelajaran tema 1 Diriku dengan subtema 2 Tubuhku diperoleh data bahwa dari 24 siswa ada 13 siswa belum tuntas belajar (sesuai KKM yaitu ≥ 70), sedangkan 11 siswa telah tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa di kelas I A yaitu 46% siswa tuntas dan 54% siswa tidak tuntas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Examples Non Examples siswa kelas I A. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I A SD Negeri Panjang 03 tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus I dan siklus II. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes dan observasi. Sedangkan analisis data meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan analisis data penelitian hasil tes formatif dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IA melalui implementasi model pembelajaran Examples Non Examples. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 79% dan 100% pada siklus 2.
PERSEPSI GURU TERHADAP APLIKASI EDMODO SEBAGAI ALAT BANTU KEGIATAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR Novita Wisudawati; Eko Kuntarto; Agung Rimba Kurniawan
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3254

Abstract

The purpose of this study is to describea how the teacher's perception of the application of Edmodo as a tool for learning activities in Al-Falah Islamic Elementary School Jambi. This research is a study that uses a qualitative approach to the type of phenomenological research. Researchers chose a qualitative approach to the type of phenomenological research because researchers wanted to examine according to phenomena related to teacher perceptions of the application of edmodo as a learning aid in the Al-Falah Islamic Elementary School in Jambi. The informants of this study were nine Al-Falah Jambi Islamic elementary school teachers. Researchers took the "purposive sampling" sampling technique by assigning informants with special characteristics, namely teachers who knew and had used the Edmodo application as a medium or a tool in learning in the network. Data collection techniques used by researchers are questionnaires and interviews. The researcher chose technique triangulation as a test of the validity of the data. By using triangulation techniques, the researchers re-check the data from the same source with different techniques to conduct data analysis. The data obtained were analyzed using the Miles Huberman interactive model which included: data reduction, data presentation, and data verification. The results of this study indicate that the perception of teachers has a percentage of 84.86% and can be categorized as perceptions that strongly agree with the application of Edmodo as a tool for learning activities in primary schools. The teachers felt helped in the learning process using the edmodo application. With the diversity of features found in the Edmodo application, teachers can use it in online learning. The steps of learning to use the edmodo application have not been eliminated or even almost refined so that the teacher feels that the edmodo application is specifically designed for learning in the network. Just as in direct learning there are materials that can be read in the library, assignments, quizzes, correcting students' assignments and even awards given to students. The teacher is also more free because it can be done anytime and anywhere. Teachers' perceptions of the application of Edmodo regarding the constraints are only few namely regarding the programming language. As for the speed of access because online learning all depends on the network, if the network is good the learning will run smoothly. Comfort in learning using the Edmodo application is also felt by the teachers. The teachers have a desire to continue to access Edmodo as a tool for learning activities by adjusting to the needs and learning materials.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Andi Ardhila Wahyudi; Hamdana Hadaming
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.424 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika melalui penerapan modelpembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar dengan materi penjumlahan terhadap siswa kelas 1 SD NegeriNo 9 Bone-Bone Kabupaten Takalar. Desain penelitian ini adalah pra-experiment design dengan jenis onegroup pretest-posttest design yaitu sebuah experiment yang dalam pelaksanaannya melibatkan satu kelassebagai kelas eksperimen. Adapun cara pengambilan sampel yaitu dengan sampling jenuh. Populasinyaadalah siswa kelas 1 SD Negeri No 9 Bone-Bone Kabupaten Takalar sebanyak 27 siswa.Adapun teknikpengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Hasil dalam penelitian menunjukkanbahwa skor rata-rata hasil belajar matematika materi penjumlahan di kelas 1 SD Negeri No 9 Bon-BoneKabupaten Takalar sebelum penerapan model pembelajaran Talking Stick diperoleh hasil 64,81 sedangkansetelah dilaksanakan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan materi yangsama di peroleh skor rata-rata 80,74. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswakelas 1 SD Negeri No 9 Bon-Bone Kabupaten Takalar dengan nilai rata-rata Gain ternomalisasi 0,51terdapat dalam kategori sedang.
EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD Retno Triningsih; Mawardi Mawardi
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3228

Abstract

The purpose of conducting this research is to compare the effectiveness of the Problem Based Learning learning model and the Project Based Learning learning model in terms of the critical thinking skills of elementary students. This type of research used in this research is Quasi Experimental with experimental design of Post test-Only Control Group Design. The population in the study were 164 five grade students in Diponegoro Salatiga Cluster, while the sample is 111 students of five grade students in SDN Mangunsari 01, SDN Mangunsari 03, and SDN Mangunsari 05. The results obtained from this study are based on descriptive statistics where the average implementation of the Problem Based Learning learning model is 92.46, while the average implementation of the Project Based Learning learning model is 85.15. the results of critical thinking skills in the Problem Based Learning model are higher than the Project Based Learning learning model reinforced by the T test results obtained by the Sig. (2-tailed) of 0, 047 0.05 thus there is a significant difference between the two groups.
KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI SEKOLAH DASAR Windy Lara S. Samosir; Eko Kuntarto; Alirmansyah Alirmansyah
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.948 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3304

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dalammelaksanakan pembelajaran Higher Order Thinking Skills di SDN No.55/I Sridadi. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuandilapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif,subjek dari penelitian adalah guru kelas III dan guru kelas V sekolah dasar. Teknik pengumpulan data padapenelitian adalah dengan menggunakan observasi, wawancara serta didukung dengan adanya dokumentasipelaksanaan pembelajaran Higher Order Thinking Skills. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No.55/I Sridadi.Pada penelitian ini uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkanbahwa kemampuan guru melaksanakan pembelajaran Higher Order Thinking Skills di SDN No.55/I Sridadisudah cukup baik, mulai dari perencanaan pembelajaran yang dirancang guru yang telah memuat unsurHigher Order Thinking Skills hingga pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari tahap analisis (C4), evaluasi(C5) dan mencipta (C6) berdasarkan hasil penelitian guru sudah mampu melaksanakan pembelajaran HigherOrder Thinking Skills dengan cukup baik
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Reza Yuafian; Suhandi Astuti
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.037 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3216

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa SD Negeri 5 Depok. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya daya tarik siswa saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dari 22 anak atau 27% dari 100%, dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus I sebanyak 12 siswa dari 22 anak atau 54% dari 100%, dengan nilai rata-rata 67. Selanjutnya pada siklus II sebanyak 19 siswa dari 22 anak atau 81% dari 100%, dengan nilai rata-rata 78. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 5 Depok Tahun Pelajaran 2019/2020.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA DAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP KREATIVITAS SISWA Meike Paranna; Gamaliel Septian Airlanda
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1739.274 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3231

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuktikan perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Circuit Learning yang berbantu multimedia dan model pembelajaran circuit learning yang berbantu media sederhana terhadap kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment Research)- non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hipotesis awal dalam penelitian ini adalah Ho: Model pembelajaran circuit learning berbantu media sederhana lebih berpengaruh terhadap kreativitas siswa. Dari hasil uji t menggunakan Independent Sample t-test menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,393 dengan nilai signifikansi pada kolom Sig (2-tailed) sebesar 0,020. Berdasarkan hasil kriteria pengujian hipotesis, bahwa nilai signifikasinya menunjukkan 0,020 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran circuit learning berbantu multimedia lebih berpengaruh terhadap kreativitas siswa. Keberhasilan penelitian ini di dukung dengan adanya peningkatan hasil pretest ke postest dan juga rata-rata hasil penilaian kreativitas siswa yaitu membuat peta konsep/mind map yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning berbantu media sederhana.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN GURU PPL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI SUDIRMAN 1 MAKASSAR Immawati Nur Aisyah Rivai; Rivai Mana
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.889 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran umum persepsi siswa tentang proses pembelajaranguru PPL di SD Negeri Sudirman 1 Makassar, (2) motivasi belajar siswa di SD Negeri SudirmanMakassar, dan (3) ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang proses pembelajaran guru PPL terhadapmotivasi belajar siswa di SD Negeri Sudirman 1 Makassar. Penelitian ini merupakan deskripsi kuantitatifdengan populasi adalah seluruh siswa SD Negeri Sudirman 1 Makassar. Pengambilan sampel denganteknik purposive random sampling dan terpilih kelas IV a dan IV b. Pengumpulan data dilakukan dengan caraobservasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dan analisis deskriptifdan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang prosespembelajaran guru PPL tergolong “cukup baik”, dari aspek keterampilan membuka pelajaran,keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi dalam pengajaran, keterampilan mengelolah,dan keterampilan menutup pembelajaran yang dapat mempengaruhi motivasi belajar. Sedangkan hasilpenelitian menunjukkan bahwa (2) motivasi pada siswa SD Negeri Sudirman 1 Makassar tergolong “cukuptinggi”, dalam hal ini didukung oleh beberapa aspek yakni adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanyahukuman, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya pujian, dan adanya persaingan ataukompetensi dalam belajar. (3) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dansignifikan dari persepsi siswa tentang proses pembelajaran guru PPL terhadap motivasi belajar siswa di SDNegeri Sudirman1 Makassar.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN PROBLEM BASEDLEARNING (PBL) TERHADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 Moh Rifai; Tego Prasetyo
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.224 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v3i1.3217

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keefektifan model Children Learning in Science dengan  model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian  Non-aquivalent Control Grup Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 SD Negeri Ngombak 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan SD N Ngombak 2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengembilan data menggunakan instrumen angket sebanyak 20 pernyataan. Uji normalitas data dilakukan untuk mengetahui normalitas data pada kelas kontrol, kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan masing-masing sebesar Sig. 0.200 0.05 maka dapat dikatakan ketiga kelas tersebut berdistribusi normal. Uji Homogenitas (One-way Anova) menunjukan hasil pada kelas eksperimen 1 sebesar Sig.0.385 0.05 dan kelas eksperimen 2 sebesar Sig 0,435   0.05 maka kedua kelas tersebut bersifat homogen. Teknik analisis data menggunakan Uji t (independent sample t-test) dengan taraf Sig. 0.05. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan model PBL dan CLIS terhadap berpikir kritis siswa kelas 5 yang ditunjukan hasil Sig. (2-taied) 0.002 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL lebih efektif dibandingkan model CLIS terhadap berpikir kritis siswa kelas 5.

Page 1 of 2 | Total Record : 14